Kamis, 29 September 2016

Manfaat Pupuk Kompos | Jual Drum Komposter 0896 7854 1978

Pengertian Pupuk Kompos

Kompos atau pupuk kompos yaitu salah satu jenis pupuk yang dibuat oleh manusia dari pembusukan bahan atau sampah organik baik yang berasal dari tumbuhan maupun dari kotoran hewan. Proses pengomposan bisa berlangsung secara aerobik (membutuhkan udara) maupun dengan anaerobik (tanpa udara). 


Manfaat Kompos

Kompos sangat bermanfaat terutama di bidang pertanian dan perkebunan, karena kompos dapat membantu menyuburkan tanah sehingga tumbuhan dapat tumbuh dengan baik. 
Berikut manfaat kompos jika ditinjau dari berbagai segi :

1. Manfaat Bagi Tanah

Manfaat kompos bagi tanah adalah untuk memperbaiki kondisi fisik tanah dan menambah unsur hara dalam tanah sehingga mudah dimanfaatkan oleh tanaman untuk tumbuh dan berkembang.

 2. Manfaat Kompos Bagi Tanaman

Manfaat kompos bagi tanaman yaitu :

a.  menyediakan unsur hara bagi tanaman
Unsur hara yang dibutuhkan tanaman dibagi menjadi tiga golongan. Unsur hara makro primer yaitu unsur hara yang dibutuhkan dalam jumlah banyak seperti Nitrogen (N), Pospo (P) dan Kalium (K). Unsur hara makro sekunder yaitu unsur hara yang dibutuhkan dalam jumlah kecil, seperti belerang (S), kalsium (Ca) dan magnesium (Mg). Unsur hara mikro yaitu unsur hara yang dibutuhkan dalam jumlah sedikit, seperti besi (Fe), tembaga (Cu), seng (Zn), klor (Cl), boron (B), mangan (Mn) dan molibdenum (Mo).
Kompos yang sudah jadi sudah mengandung sebagian besar unsur hara makro primer, makro sekunder dan unsur hara mikro yang sangat diperlukan tanaman.

b. memperbaiki struktur tanah
Tanah yang baik adalah tanah yang remah atau granuler yang mempunyai tata ruang udara yang baik sehingga aliran udara dan air dapat masuk dengan baik. 
Kompos menjadi perekat pada butir-butir tanah dan mampu menjadi penyeimbang tingkat kerekatan pada tanah. Kehadiran kompos pada tanah juga menjadi daya tarik bagi mikroorganisme untuk melakukan aktivitas pada tanah. Dengan demikian tanah yang pada mulanya keras dan sulit ditembus air maupun udara, kini dapat menjadi gembur kembali akibat aktivitas mikroorganisme.

c. dapat meningkatkan Kapasitas Tukar Kation
Kapasitas tukar kation (KTK) adalah sifat kimia yang berkaitan erat dengan kesuburan tanah. Tanah dengan KTK yang tinggi jauh lebih mampu menyediakan unsur hara daripada tanah dengan KTK rendah. Pupuk kompos dapat menyediakan KTK dalam jumlah yang lebih tinggi dibandingkan dengan pupuk organik.

d. meningkatkan kemampuan tanah untuk menahan air
Tanah yang bercampur dengan bahan organik seperti kompos mempunyai pori-pori dengan daya rekat yang lebih baik, sehingga kompos mampu mengikat serta menahan ketersediaan air di dalam tanah. Erosi air secara langsung dapat ditahan dengan adanya kompos pada tanah.

e. meningkatkan aktivitas biologi tanah
Pada kompos terdapat mikroorganisme yang menguntungkan tanaman. Dalam tanah, Kompos akan membantu kehidupan mikroorganisme. Selain berisi bakteri dan jamur pengurai, keberadaan kompos akan membuat tanah menjadi sejuk tidak terlalu lembab dan tidak terlalu kering.
Keadaan seperti itu sangat disenangi oleh mikroorganisme. Dalam hal ini misalnya, cacing tanah lebih senang tinggal di tanah dengan kadar organik tinggi daripada tanah yang keras atau berpasir. 

f. meningkatkan pH pada tanah asam
Unsur hara dalam tanah lebih mudah diserap oleh tanaman pada kondisi pH tanah yang netral, yaitu 7. Pada nilai pH ini, unsur hara menjadi mudah larut di dalam air. Semakin asam kondisi tanah (semakin rendah pH) maka jumlah ion Al (alumunium) dan Mn (Mangan) dalam tanah semakin meningkat. Jumlah Al dan Mn yang terlalu banyak akan bersifat racun bagi tanaman.
Kondisi tanah yang asam dapat dinetralkan kembali dengan pengapuran. Pemberian kompos ternyata membantu peningkatan pH tanah.

g.  menyediakan unsur mikro bagi tanaman
 unsur mikro dalam kompos yaitu antara lain Zn, Mn, Cu, Fe dan Mo.

pupuk kompos
pupuk kompos

Drum Komposter

Untuk membuat kompos bisa menggunakan drum komposter. Drum komposeter adalah drum plastik yang di desain sedemikian rupa sehingga dapat digunakan untuk membuat kompos. Berikut ini penampakannya :
drum komposter

Kami dari Sekarsuli Drum Corner jual drum komposter siap pakai sehingga Anda tak perlu lagi susah payah membuatnya. Drum komposter buatan kami berkapasitas 120 Liter atau bisa disesuaikan permintaan konsumen. Kami jual komposter dengan harga murah namun berkualitas.
Untuk pemesanan dan informasi, silahkan hubungi kami 

Sekarsuli Drum Corner
0896 7854 1978

Tidak ada komentar:

Posting Komentar